by

2020, Pengembangan Profesi Auditor Jadi Tupoksi Irda Depok

Program Pengembangan Profesi Auditor maupun Pejabat Fungsional Auditor pada tahun 2020, akan menjadi tanggungjawab Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok. Sebelumnya, tugas ini berada di ranah  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok.

“Ya, kalau kemarin Pengembangan Profesi masih menjadi bagian dari tugas pokok dari BKPSDM Depok. Nanti di tahun 2020, tanggungjawab tersebut sudah menjadi tupoksi kami,” kata Inspektur pada Irda Kota Depok, Firmanuddin di Balai Kota, Jumat (27/12/19).

Firmanuddin menuturkan, karier seorang auditor atau pejabat fungsional auditor dibangun dari pelaksanaan tugas. Dikatakannya, setiap mereka melaksanakan tugas, mereka akan memperoleh angka kredit.

“Angka inilah yang akan digunakan yang bersangkutan untuk kenaikan jenjang karirnya,” ucapnya.

Namun demikian, lanjut Firman, dalam struktur, kenaikan pangkat bukan hanya mengumpulkan angka kredit. Akan tetapi, imbuhnya, angka kredit itu harus mencapai tiga aspek, yaitu pendidikan, pelaksanaan pengawasan, pengembangan profesi.

Dia menuturkan, guna mencapai tiga aspek ini, pengetahuan dan keterampilan auditor harus terus ditingkatkan dalam Pengembangan Profesi. Salah satunya melalui Pengembangan Pelatihan Mandiri (PPM) atau Pelatihan di Kantor Sendiri (PKS).

Menurutnya, peningkatan kompetensi akan difokuskan pada teknis substansi kegiatan pengawasan. Seperti melakukan audit barang jasa, membangun manajemen risiko, implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

“Kompetensi ini harus dimiliki para auditor agar bisa menjadi mitra strategis para Perangkat Daerah (PD),” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed