Bawaslu Raih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015

SUARA JABAR SATU.COM  | — Palembang, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu meraih Sertifikat Sistem Manjemen Mutu ISO 9001 : 2015 dari Sertifikat System Manajemen Mutu Badan Sertifikasi Internasional Quay Audit dari United Kingdom Limited Company.
Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen Bawaslu terhadap peningkatan mutu kinerja secara keseluruhan dan peningkatan lembaga berdasarkan standar internasional. Sertifikat diserahkan directur ICE CERT, Ashary, kepada Ketua Bawaslu, Abhan pada kegiatan SPIP di Palembang, Kamis (22/11/2018).

Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Bawaslu adalah sistem standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam mengimplementasikan terpenuhinya kebutuhan warga negara dan stakeholders, serta memenuhi persyaratan perundangan, hukum, dan peraturan terkait atau jasanya.

Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro mengungkapkan sertifikat ISO tersebut merupakan pengakuan yang tinggi terhadap menajemen mutu oleh suatu organisasi karena bertaraf internasional. Untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 : 2015 ini membutuhkan beberapa proses yang harus dilakukan secara intensif dengan prosedur tahapan.

“Ini merupakan prestasi sekaligus tantangan bagi Bawaslu untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas kelembagaan Bawaslu ke depan”, ungkap Gunawan.

Sementara Anggota I Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, Agung Firma Sampurna mengapresiasi komitmen Bawaslu yang telah memperkuat hal-hal yang melampaui tata kelola standar yaitu dengan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015.

Ia mengingat perjuangan Bawaslu 4 tahun lalu agar opini laporan pengelolaan keuangannya tidak disclaimer, belum menuju wajar tanpa pengecualian (WTP). Tetapi setahun kemudian, upaya Bawaslu membuahkan hasil dan selama 3 tahun berturut-turut Bawaslu berhasil membangun disiplin yang kuat dalam pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara sehingga meraih predikat opini WTP.

“Saya tidak menyangka perjuangan Bawaslu bukan hanya meraih WTP, tapi juga Bawaslu memperkuat tata kelola standar yaitu dengan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015,” ujar Agung.//ratu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *