Beri Pemahaman Masyarakat Soal HIV/AIDS, Dinkes Depok Gencar Gelar Penyuluhan

SUARA JABAR SATU.COM  |  DEPOK  — Guna menekan jumlah penderita Human Immunodeficiency Virus Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Kota Depok, Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar menanggulanginya. Salah satunya dengan penyuluhan dan pemeriksaan HIV/AIDS kepada masyarakat di Kota Depok.

“Setiap tahun kami melakukan penyuluhan dan pemeriksaan HIV/AIDS kepada masyarakat Depok. Langkah tersebut agar pemahaman masyarakat dapat semakin luas dan menghindari berbagai faktor yang dapat menyebabkan munculnya penyakit tersebut,” jelas Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Depok Rani Martina kepada depok.go.id, Kamis (22/11).

Dikatakan Rani, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan dan pemeriksaan secara langsung. Diantaranya dengan memberikan penyuluhan di 35 puskesmas, penyuluhan di sekolah terutama SMA sederajat, penyuluhan di kelurahan dan kecamatan, serta penyuluhan kepada masyarakat umum dan kelompok masyarakat. Selain itu juga melakukan mobile Voluntary Counseling and Testing ( VCT) atau pemeriksaan tes dan konseling HIV/AIDS di 30 lokus yang dilakukan oleh Dinkes Depok. Tidak hanya itu, pada juga melakukan hal serupa di wilayah kerjanya.

Rani menambahkan, untuk memaksimalkan upaya yang dilakukan, Dinkes juga melakukan koordinasi dengan semua pihak di sejumlah sekolah terutama SMA, SMK, dan sederajat.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak sekolah agar terus memberikan pemahaman kepada pelajar dan mulai membiasakan pola hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.//ratu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *