by

Kebun Raya Cibodas

SUARA JABAR SATU.COM | CIANJUR – Masih berlokasi di kawasan wisata Gunung Gede-Pangrango, Kebun Raya Cibodas menawarkan keindahan alam lain untuk dinikmati saat liburan bersama keluarga. Tepatnya berada di ketinggian sekitar 1.275 mdpl, suhu udara di tempat wisata di Cianjur ini cenderung sejuk, yakni sekitar 17 sampai 27 derajat Celsius.

Pada awalnya, kawasan dengan luas 80 hektare ini ditujukan sebagai pekebunan kina oleh seorang ahli botani dari Belanda. Sayangnya, struktur tanah dan cuaca yang basah tidak cocok untuk menumbuhkan pohon tersebut. Akhirnya, Kebun Raya Cibodas dirancang untuk ditanami vegetasi khas dataran tinggi basah.

Beragam aktivitas menarik bisa dilakukan jika Anda berkunjung ke Kebun Raya Cibodas. Ajak si kecil untuk mengenal aneka ragam flora, dengan jumlah lebih dari 1.206 jenis tanaman yang tumbuh di sini. Selain itu, tempat wisata di Cianjur ini juga memiliki rumah kaca yang menyimpan koleksi lebih dari 4.000 tanaman, mulai dari kaktus, anggrek, dan tanaman langka lainnya.

Untuk menjangkau kawasan wisata, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 90 menit dari Jakarta melalui jalur Bogor-Puncak-Cianjur. Bagi yang menumpang kendaraan umum, wisatawan bisa menaiki angkot dengan trayek Cipanas-Rarahan-Cibodas. (Aneka Wisata Alam) //PUT

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Alun-Alun Surya Kencana adalah lahan yang luas dan datar.Di sekitarnya ditumbuhi Bunga Edelweiss, dan rerumputan sepanjang mata memandang. Di tempat inilah favorit pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam. Di sini juga terdapat sumber air yang dapat dimasak dan diminum. Disini peserta dan panitia KM GH mendirikan tenda dan bermalam.

News Feed