by

Lucky Wiranda Raih Medalian for Excellent Worldskills 2019

SUARAJABARSATU.COM | BANDUNG, DISDIK JABAR — Ketertarikan Lucky terhadap dunia desain grafis sejak kecil, mengantarkannya meraih medalian for excellent dan menduduki peringkat 8 dalam kompetisi  “Worldskills” di Kazan, Rusia pada 22 hingga 27 Agustus 2019.

Berawal dari hobi bermain komputer, Lucky tertarik mempelajari dunia desain grafis secara mendalam. Hingga akhirnya ia memutuskan mengambil ilmu di jurusan multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bogor.

Sebelum mengikuti kompetisi dunia, siswa bernama lengkap Lucky Wiranda ini terlebih dahulu mengikuti pelatihan selama setahun. Dilatih oleh pelatih yang juga kompetitornya di ajang Worldskills tahun sebelumnya, Ganjar Satrio, Lucky mendapatkan ilmu mengenai karakter yang harus dimiliki seorang kompetitor agar bisa bertahan dalam perlombaan.

“Saya dilatih mandiri, belajar desain secara otodidak. Ini dilakukan agar saya bisa mandiri dan itu sangat terasa saat lomba kemarin. Saya tidak bergantung kepada orang lain,” ujar Lucky saat diwawancarai, Kamis (5/9/2019).

Menjalani perlombaan selama empat hari, membuat Lucky harus berjuang maksimal guna memberikan hasil terbaik bagi Indonesia. Berbagai tantangan pun ia terima. Mulai dari pemberian tema dan konsep yang mendadak, mendesain logo, membuat kemasan untuk promosi, periklanan hingga desain media sosial.

“Saya tidak mengalami kesulitan berarti karena saya sudah mengalaminya saat pelatihan,” ungkapnya.

Pembina dan juga Ketua Jurusan Multimedia SMKN 1 Bogor, Miskam Hadiyanto mengaku bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya. Pihak sekolah pun sangat mendukung proses yang dilalui Lucky. Seperti, memberikan pelatihan intensif dan mendukung Lucky saat mengikuti latihan di tingkat kota, provinsi, dan nasional.

“Lucky anak yang berbakat. Sebenarnya, saya sudah melihat keunikan karyanya sejak lama. Karyanya cukup berbeda dan punya ciri khas,” ujar Miskam.

Miskam berharap prestasi Lucky tidak berhenti di sini. “Sekolah sudah punya program ekstrakurikuler (ekskul) desain grafis. Di ekskul tersebut, Lucky bisa memberikan ilmu kepada adik-adiknya,” ucapnya./hdr.-

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed