MTQ Tingkat Depok Jadi Wadah Pencarian Bakat

SUARA JABAR SATU.COM  | DEPOK — Wali Kota Depok, Mohammad Idris berharap, pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX Tingkat Kota Depok di Kecamatan Cimanggis, dapat menjadi sarana pencarian bakat di bidang keagamaan. Upaya yang sangat penting ini butuh kerja sama seluruh masyarakat, untuk mendukung visi religius Kota Depok.

“Penyelenggaraan MTQ, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam mencari bakat yang belum terekspose di wilayah,” ujarnya, saat mengisi talkshow di Bens Radio, Kamis (22/11/2018).

Perlombaan MTQ tahun ini, kata Mohammad Idris, melibatkan 397 peserta, yang merupakan perwakilan dari setiap kecamatan. Setiap tahunnya, terdapat inovasi yang berbeda dari kategori penilaian yang dilombakan sesuai arahan dari pemerintah pusat.

“Tahun ini ada 19 cabang yang diperlombakan, dan kriteria yang diikutsertakan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Pemerintah Kota Depok telah mempersiapakn hadiah untuk peserta, selain uang pembinaan, piala, dan piagam. Ada pula tiga tiket umrah yang diperuntukkan bagi marbut di Kecamatan Ciamanggis, peserta yang memiliki nilai tertinggi, serta masyarakat yang ikut menonton perlombaan ini,” katanya.

Tak hanya itu, sambungnya, dalam melahirkan qari dan qariah yang terbaik Pemerintah Kota Depok bekerja sama dengan Kementerian Agama Kota Depok dalam mempersiapakan dewan hakim yang akan menilai kecakapan peserta. Sebab, menurutnya peserta yang menang akan mewakili Kota Depok di tingkat provinsi.

“Dewan hakim ini telah kami siapkan ada yang dari Kota Depok, maupun lintas Kota Depok, seperti Kota Bogor. Diharapkan masyarakat Kota Depok ikut serta menyukseskan acara MTQ ini,” ucapnya.//ratu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *