Pengukuhan Bunda Literasi Kota Depok, Bedah Buku BUYA HAMKA dan Lounching e-perpusda Kota Depok

SUARA JABAR SATU.COM | DEPOK – Setelah terbitnya Peraturan Daerah Kota Depok No. 1 Tahun 2018 tentang Pembudayaan Gemar Membaca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kota Depok, perkuat Gerakan Pembudayaan Minat Baca di Kota Depok, Selasa 16 Oktober 2018 dengan mengukuhkan Hj. Bunda Elly Farida sebagai Bunda Literasi Kota Depok di Aula Gedung Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok.

Pengukuhan Bunda Literasi Kota Depok dengan Surat Keputusan No. 821.29/293/kpts/huk/2018 ini, sejalan dengan program program tingkat provinsi yang diarahkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat yang nantinya akan diikuti dengan pengukuhan Bunda Literasi di Tingkat Kecamatan dan Tingkat Kelurahan se-Kota Depok.

Pengukuhan Hj. Bunda Elly Farida sebagai Bunda Literasi dilakukan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat, Dr.Ir.H.M. Taufik Budi Santoso, M.Soc.Sc, juga dihadiri oleh jajaran Pejabat Dispusipda Jawa Barat serta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kota Depok, PKK Kota
Depok, Perwakilan dari Sekolah tingkat SMP dan SMA se-Kota Depok, dan masyarakat kota Depok.

Kegiatan yang berkenaan dengan pembudayaan minat baca ini, merupakan rangkaian dari kegiatan Literasi yang sudah diagendakan di bulan Oktober 2018 bersamaan dengan kegiatan Bedah Buku dan Launching e-Perpusda Kota Depok.

Bedah Buku kali ini mengangkat tema sejarah pendiri Bangsa Indonesia, yakni BUYA HAMKA. Buku Memoar Perjalanan Hidup Sang Ulama, adalah karya dari penulis muda warga Kota Depok, Yanuardi Syukur.

Penulis yang juga peneliti sejarah dan sekaligus dosen di Universitas Indonesia, memiliki pemikiran bahwa sejarah Berdirinya Indonesia sangat erat kaitannya dengan karakter dari para tokoh pendiri bangsa, diantaranya BUYA HAMKA.

Semangat belajar, kesabaran dan kegigihannya berdiplomasi hingga menjadikan harum nama Indonesia di kancah International pada saat itu patut menjadikannya sebagai tokoh yang wajib di pelajari dan diwariskan
semangatnya pada generasi millenium.

Hadir sebagai pembahas pada bedah buku sejarah BUYA HAMKA juga seorang peneliti dan anggota tim ahli DPR RI, R.Satryo adalah juga warga Depok.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, melalui Bidang Perpustakaan Kota Depok, akan terus konsisten menggerakan literasi, pembudayaan minat baca bersinergi dengan semua pemangku kepentingan baik  pemerintah kota, Lintas Kedinasan, Lembaga/Komunitas Masyarakat, Lembaga Pendidikan dan semua yang berkepentingan dengan upaya menjadikan kota Depok sebagai kota ” UNGGUL, NYAMAN dan RELIGIUS.(SuaraJabarsatu) hendra**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *