by

Seni Budaya se-Jabar Tampil di Acara Helaran Kota Sukabumi

Seni Budaya se-Jabar Tampil di Acara Helaran Kota Sukabumi

SUKABUMI, Suarajabarsatu.com – Kemeriahan hari jadi Kota Sukabumi ke 104 sudah dimulai dengan acara Helaran Seni Budaya Jawa Barat, Kamis (29/3/2018). Sesuai namanya, Haleran menampilkan pawai seni budaya yang diikuti oleh 15 kota dan kabupaten se-Jawa Barat serta tujuh kecamatan se-Kota Sukabumi.

Adapun rute pawai budaya tersebut, antara lain start dari Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan R.E. Marta Dinata, Jalan Siliwangi dan finish di Jalan R. Syamsudin, S.H. Warga tumpah ruah dijalan yang dilewati pawai terutama di depan balai Kota Sukabumi tempat berakhirnya pawai.

“Temanya adalah mateakeun seni budaya sunda, rempug jukung sauyunan gotong royong babarengan dan diapresiasi oleh sanggar seni yang ada di Kota Sukabumi,” ujar Kabid Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Yudi Yustiawan.

Yudi menuturkan, Haleran bertujuan untuk menampilkan keragaman dan seni kepada generasi muda agar kebudayaan terus lestari.

Tidak hanya itu, kegiatan ini diharapkan dapat menarik wisatawan untuk mendatangi Kota Sukabumi.

“Seperti seni tari yang mengunakan beberapa properti hasil karya mereka,” tutur Yudi.

Hal senada diungkapkan Wali Kota Sukabumi M Muraz. Menurut dia, semua daerah ikut serta menampilkan sesuatu yang menarik dan kreatif. Sehingga menjadi momentum untuk mengenal kekayaan budaya dan seni setiap daerah.

“Semoga ini menjadi bagian penting Kota Sukabumi,” terang Muraz.//Put

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed