by

SMKN 1 Pacet Unggulkan Bidang Pertanian dan Ekowisata

SUARA JABAR SATU | BANDUNG, DISDIK JABAR – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pacet Kabupaten Cianjur berhasil meraih prestasi sebagai Sekolah Unggul dan Berprestasi Tahun 2019 dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Sebagai sekolah percontohan dari program revitalisasi, sekolah tersebut menonjolkan keunggulan di bidang pertanian dan ekowisata.

Kepala SMKN 1 Pacet, Ida Yuniarti Surtika memaparkan, tiga dari tujuh kompetensi keahlian di sekolahnya bergerak di bidang pertanian. Yakni, jurusan argobisnis tanaman pangan dan hortikultura, agrobisnis pengolahan hasil pertanian, dan agroindustri. Ketiganya ditunjang jurusan perhotelan, usaha perjalanan wisata, dan tata boga sebagai pengoptimalan ekowisata.

Ia menegaskan, sekolahnya sangat mendorong agar bidang pertanian bisa diminati oleh siswa dan masyarakat sekitar. “Pertanian harus dikembangkan dengan revolusi industri saat ini. Pembelajaran tentang pertanian di sekolah pun sudah berbasis digital,” ujarnya.

Sedangkan di bidang ekowisata, lanjut Ida, ia berkeinginan mewujudkan hal tersebut sebagai sarana pembelajaran bagi siswa. Mulai dari siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah untuk mengenalkan, sekaligus memanfaatkan potensi pertanian yang ada di lingkungannya. “Sehingga, pertanian dapat diberdayakan dengan cara modern dan ke depan bisa dikembangkan sebagai tempat pariwisata,” tambahnya.

Ia mengaku, prestasi yang diraih tersebut memotivasi pihaknya untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Kita akan terus mengembangkan diri dan menjadi yang terbaik, terutama bagi peserta didik,” ucapnya.

Ia pun menegaskan, prestasi yang diraih bukan hasil perjuangannya sendiri, melainkan kerja sama berbagai pihak, mulai dari pengawas, kantor cabang dinas wilayah hingga Disdik Jabar. “Terima kasih karena terus membimbing kami sehingga kami bisa meraih prestasi ini. Ke depan, kita akan berusaha meningkatkannya lagi,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed