by

SOSIALISASI PROGRAM PEMBERIAN OBAT PENCEGAHAN MASAL (POPM) DINAS KESEHATAN KOTA DEPOK 2018

SUARA JABAR SATU.COM | Depok – Sosialisasi Program pemberian obat cacing untuk anak sekolah dan balita kepada UPT Puskesmas Kecamatan Cipayung di Kelurahan Cipayung oleh Seksi Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Kota Depok Tahun 2018, di Kantor Kelurahan Cipayung, Kota Depok, Rabu (12/09).

Kegiatan Sosialisasi Program Pemberian Obat Pencegahan Masal (POPM) dibuka oleh Lurah Cipayung Herman, dalam rangka mendukung eliminasi filariasis (Penyakit Kaki Gajah) sampai tahun 2020. Penyakit Kaki Gajah adalah penyakit menular yang disebabkan cacing dan banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia.

Sambutan Lurah Cipayung Herman, dalam Sosialisasi POPM di Kantor Kelurahan Cipayung, Kota Depok.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa anak yang bebas dari infeksi cacing, tubuhnya lebih baik dalam menyerap makanan dan meningkatkan status gizi, sehingga mempengaruhi perkembangan kemampuan kognitif dan perbaikan prestasi anak sekolah.

Program ini memiliki sasaran usia anak 1 sampai 12 tahun se-Kota Depok, obat cacing yang digunakan dalam program ini adalah albenzadol. Obat ini aman dan tidak menimbulkan efek samping. Untuk itu siswa harus diajari tentang cuci tangan dengan sabun setelah BAB dan sebelum makan. Minum air yang sudah direbus, buang air besar di jamban, dan menjaga kebersihan makanan dari lalat dengan menggunakan tudung saji.

Mengapah Anak Harus Mendapat Obat Cacing?
Anak-anak sangat mudah terinfeksi cacing perut, infeksi cacing memberikan dampak buruk pada anak.

Bahaya Cacingan Pada Anak.
– Pertumbuhan anak terganggu, infeksi cacing pada masa awal pertumbuhan dapat membuat berat dan tinggi badan dibawah rata-rata.
– Perkembangan motorik dan Kinerja Kognitif terganaggu, sehingga kemampuan konsentrasi dan belajar di sekolah menjadi menurun dan membuat anak sulit berprestasi.
– Potensi kecerdasan anak menjadi berkurang dan tidak maksimal, karena nutrisi yang harusnya diserap oleh otak diserap oleh cacing yang ada didalam tubuh.
– Anak menjadi kurang gizi, mudah sakit, lelah dan rewel karena makanannya diserap cacing dan napsu makannya menurun.
– Anak menjadi anemia karena cacing menghisap darah dalam tubuh.
– Jika cacing sudah berkembang biak terlalu banyak dalam tubuh, harus dikeluarkan dengan cara pembedahan.
– Keluarnya selaput lendir pada anus (pada infeksi cacing cambuk).

Anak yang terlihat sehat bisa terkena cacingan loh!
Apa Tanda Dan Gejala Cacingan?
Kurang nafsu makan, lesuh, perut buncit. Berat badan menurun. Nyeri perut, mual-mual, muntah. Diare atau sembelit. Keluar Cacing dari mulut atau dubur. Kadang disertai gatal di sekitar anus, dan menggangu pertumbuhan anak.

Bagaimana Anak Dapat Tertular Cacing?
Makanan yang tidak Higienis, BAB sembarangan, dan kontak dengan tanah yang terdapat telur cacing.

Kapan Anak Terkena Cacing??
Bila ditemukan cacing atau telur cacing dalam tinja. Bila terdapat cacing yang hidup dan berkembang biak dalam usus manusia.

Cacing Apa Saja Yang Bisa Menyerang Anak?
Cacing Gelang(Ascaris Lumbricoides), Cacing Cambuk (Trichuris Trichiura), Cacing Tambang (Necator Americanus & Ancylostoma Duodenale), Cacing Kremi (Enterobius Vermicularis).

Bagaimana Cara Mencegah Cacingan Anak?
Hindari anak dari sumber penularan cacingan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat. Cuci tangan dengan sabun setelah BAB, setelah mencebok anak, sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan. Minum air bersih dan air yang sudah direbus, Buang air di jamban. Menjaga kebersihan makanan dari lalat dengan menutupnya memakai tudung saji dan memakai alas kaki.

Program Pemberian obat Pencegahan Cacingan Pada Anak Sekolah Dan Balita.
Pemberian obat cacing dari pemerintah minimal 1 kali setiap tahun, masyarakat tidak perlu membayar obat tersebut. Anak Sekolah Dasar minum obat yang dibagikan pada kegiatan penjaringan kesehatan anak sekolah. dan Balita minum obat yang dibagikan bersamaan dengan pemberian Vitamin A. (hendra/sjs).-

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed