by

Cihampelas Teras Kota Bandung Yang Bersih Dan Indah

-Nasional-1,990 views

BANDUNG, SuaraJabarSatu.com – Kawasan Cihampelas yang dulu semrawut, dikarenakan dipenuhi pedagang kaki lima, kios serta perkantoran, kini tertata rapih di sepanjang jalan

dan indah bila ditatap mata memandang sepanjang jalan.

Saat ini warga kota Bandung berbangga, karena saat ini Cihampelas menjadi lokasi kunjungan wisata terbaik nomor 3 se Indonesia dan merupakan satu-satunya di Indonesia, jembatan khusus pejalan kaki yang berada sejajar diatas jalan.

Memindahkan area pedestrian ke atas jalan merupakan kreasi dan strategi RIDWAN KAMIL (RK) atau biasa disebut Kang Emil menata kawasan Cihampelas dengan pemikiran untuk membangun, memajukan kota Bandung yang visioner disaat melonjaknya harga pasar.

‘Skywalk’ yang memiliki panjang 450 meter dengan lebar sekitar 9 meter dan ketinggian jembatan mencapai 4,6 meter dari permukaan jalan, serta dilengkapi beberapa lift untuk mempermudah bagi para penyandang disabilitas dan lansia ini, pembangunannya menelan biaya Rp 48 miliar dan hanya menempuh proses pengerjaan selama 3 bulan.

Hampir 200 lebih pedagang telah dipindahkan ke Teras Cihampelas dan menempati kios berwarna warni. Kios-kios itu ditempati pedagang kuliner, aksesoris dan oleh-oleh ciri khas Bandung.

Tiap pengunjung dapat bersantai ria duduk sambil menyantap jajanan khas Kota Bandung serta membawa pulang, dengan harga yang relatif murah meriah.

Meski demikian konsep kota Bandung yang dipimpin walikotanya tentu dengan tangan dinginnya.

Ini bisa diterapkan sebagai percontohan di beberapa kabupaten dan kota di jawa barat tanpa perlu sungkan, takut dan malu jika nantinya bakal disebut “mencontek”.

Strategi visioner jiwa anak muda terbaik bangsa ini bernama H. M. RIDWAN KAMIL. ( Gom/Ben )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed