by

Keseruan Pembutan Keju Mozzarela di Rumah Yoghurt Cinagara

SUARAJABARSATU.COM | Bogor – Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara melaksanakan pelatihan gratis bagi masyarakat sekitar, pada hari Rabu setiap minggunya bertempat di Rumah Yoghurt Cinagara (RYC).
Pelatihan gratis di RYC Rabu ini tanggal 16 januari 2019, membuat keju mozzarella di ikuti oleh warga mutiara Lido dan masyarakat sekitar BBPKH berjumlah 9 orang.
“Cara membuat keju mozzarella asli sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja, akan membutuhkan beberapa bahan lebih tepatnya rennet dan asam sitrat yang mungkin hanya bisa ditemukan di toko-toko kue besar,” ujar Widyaiswara (Pengajar) BBPKH, Elies Lamini, SPt, M.Si., Rabu (16/01/2018).


Harga keju mozzarella yang sudah jadi dan dijual di pasaran pun memang cukup mahal oleh karena itu, BBPKH sebagai Balai Pelatihan meberikan pelatihan gratis cara mengolah keju mozzarella dengan memanfatkan hasil ternak yaitu susu sapi.
“Keseriusan mengikuti pelatihan membuat keju mozarella dimulai dari materi mengidentifikasi persyaratan susu segar sebagai bahan baku, mengidentifikasi sistem mutu dengan menerapkan Standar Oprasional Prosedur (SOP) dan cara produksi yang baik membuat Mozarella,” kata Elies.
“Diharapkan dengan adanya pelatihan gratis ini ada mafaatnya bagi masyarakat agar bisa mengembangkan sendiri hasil olahan ternak untuk dapat meningkatkan pendapatan di keluarga maupun kelompoknya,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Saya Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor semester 7, mau ikut belajar pembuatan keju dari susu sapi 🙏🙏

News Feed