by

Kisah Juara 1 Duta Bahasa Pelajar 2018

SUARAJABARSATU.COM | BANDUNG, DISDIK JABAR — Muhammad Rendy Ghaniy Akbar, siswa berprestasi asal Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bandung berhasil menyabet juara 1 Duta Bahasa Pelajar Se-Jawa Barat Tahun 2018. Kompetisi yang diadakan Balai Bahasa Jawa Barat ini, bertujuan mencari tunas muda yang dapat mempengaruhi masyarakat untuk menggunakan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing secara proporsional.

Melalui ajang Duta Bahasa inilah, Rendy dituntut membangkitkan dan meningkatkan kesadaran generasi muda untuk mencintai bahasa Indonesia dengan keragaman bahasa daerahnya.

Pemilihan Duta Bahasa dengan tema “Potensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional” ini, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Balai Bahasa Jabar.

Rendy memaparkan, di sisa masa jabatannya sebagai Duta Bahasa Putra 2018, ia akan terus berusaha mewujudkan bahasa Indonesia benar-benar menjadi identitas bangsa. Karena, sebagai Duta Bahasa, ia diamanahi mengemban tugas seumur hidup untuk mengajarkan bahasa daerah, bahasa Indonesia, dan bahasa asing.

“Sejak mendaftar sebagai calon Duta Bahasa, saya sudah bertekad menggunakan dan mengajak orang lain untuk berbahasa yang baik dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya saat diwawancarai, Jumat (13/9/2019).

Dalam mengikuti Duta Bahasa 2018, Rendy harus melewati berbagai tahapan yang cukup sulit. “Alhamdulilah, ternyata saya lolos seleksi dan bisa melanjutkan ke tahap kedua. Saat itu, ada kurang lebih 800 pendaftar dari seluruh Jawa Barat. Yang lolos ke tahap 2, dikerucutkan menjadi 100 besar,” ungkapnya.

Di tahap selanjutnya, remaja kelahiran Bandung, 19 Oktober 2001 ini mengikuti tes uji kemahiran bahasa Indonesia, bahasa asing, membuat esai dengan 3 bahasa, dan wawancara. Setelah itu, disaring kembali dan terpilih 29 peserta untuk menjadi finalis Duta Bahasa.

Kini, Rendy tengah disibukkan memberi pembekalan kepada calon Duta Bahasa yang akan menggantikan posisinya.

“Rangkaian kegiatan Duta Bahasa masih dalam tahap pembekalan, kemudian malam bakat, dan terakhir final. Saya tentu sangat senang dan bangga menjadi juara 1 Duta Bahasa Pelajar Se-Jawa Barat 2018. Saya berharap, tahun ini adik-adik yang terpilih juga bisa merasakan kebahagiaan menjadi bagian pelestari bahasa,” harap Rendy./hdr.-

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed