Konsep Pariwisata Halal Akan di Bangun Di Tasikmalaya

Konsep Pariwisata Halal Akan di Bangun Di Tasikmalaya

Suarajabarsatu.com , Tasikmalaya — Kata Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, berupaya membangun pariwisata halal dalam menerapkan ajaran keislaman seperti yang sedang dilaksanakan konsep pariwisata halal di Nusa Tenggara Barat (NTB). Meski lekat dengan segmen wisata halal, tapi tetap memberikan ruang bagi sektor pariwisata konvensional yang sudah lebih dahulu hadir. Keseimbangan ini membuktikan pola segmen wisata halal dan konvensional bisa berjalan beriringan.

Konsep pariwisata yang diterapkan di NTB cukup baik, sesuai dengan keinginan Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam menjadikan Tasikmalaya sebagai kota halal.

” Pemerintah Kota Tasikmalaya telah membuat program bantuan dukungan Usaha Kecil Menengah (UKM) kuliner bersetifikat halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama
Indonesia (MUI) , ” ucap Budi Budiman.

Ironis memang. Di saat yang sama, dunia luar sudah jauh lebih dahulu mengembangkan wisata halal. Bahkan, di negara-negara dengan penduduk non-Muslim seperti Thailand, dan Korea Selatan. Begitupun dengan negara tetangga yang sudah merintis lebih dahulu.

Padahal dunia sedang booming (wisata halal), (potensinya) ditelan Malaysia, Thailand, bahkan Korsel. Mereka berpikir dari potensi besar, bukan sekadar agama.
“Wisata halal bukan bertujuan mematikan wisata konvensional, akan tetapi memberikan atau membuka pasar baru serta memperbanyak pilihan wisata bagi sebagian wisatawan, khususnya wisatawan muslim yang ingin berwisata sesuai dengan tuntunan agama,”

Begitu Pun dengan segmentasi wisata halal yang akan membuka ruang ekonomi baru, tidak hanya terbatas bagi umat muslim tapi juga untuk semua kalangan umat. Kata Budi Budiman menekankan upaya-upaya kebijakan yang mengedepankan nilai-nilai Islam akan menghadirkan banyak kebaikan dalam kehidupan.

Saat ini seluruh elemen umat Islam lebih semangat dalam membangun negeri dan kesadaran membangun umat harus berbasis pada ilmu dan pemahaman. Perjuangan tidak cukup hanya dengan semangat, tapi membutuhkan ilmu dan pemahaman.

Program Pariwisata Halal akan menjadi langkah besar untuk memajukan pariwisata Indonesia. “Karena saya percaya, pariwisata adalah Indonesia,” kata Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman.(Put)

One thought on “Konsep Pariwisata Halal Akan di Bangun Di Tasikmalaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *