by

Disdik Jabar Gelar Upacara HUT ke-74 RI

SUARAJABARSATU.COM | BANDUNG, DISDIK JABAR – Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) menggelar upacara bendera di Halaman Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Sabtu (17/8/2019).

Kadisdik Jabar, Dewi Sartika menegaskan, kemerdekaan Indonesia tak lepas dari perjuangan para pahlawan sehingga harus dikhidmati dan dihargai oleh generasi saat ini.

“Penghargaan sebesar-besarnya kita berikan kepada pahlawan bangsa yang telah berjuang demi negara ini. Perjuangan mereka harus sama-sama kita jadikan motivasi dalam membangun bangsa Indonesia,” tegas Kadisdik.

Selaras dengan tema HUT ke-74 RI, yakni “Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, Indonesia Maju”, Kadisdik menjelaskan, pendidikan adalah aspek utama dalam upaya pengembangan SDM. “Untuk itu, seluruh insan pendidikan harus betul-betul mempersiapkan anak-anak yang produktif, mandiri, berdaya saing juga rajin beribadah,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Jabar, Firman Adam mengatakan, kemerdekaan bisa dimaknai sebagai momentum untuk berkarya. “Untuk menghormati pejuang yang telah gugur, kita harus mengisi dan mempertahankan kemerdekaan dengan berkarya bagi Indonesia, sebagai bukti tanggung jawab kepada generasi sebelum kita,” ujarnya.

Sekdisdik pun berpesan, ada banyak hal yang bisa diteladani oleh siswa pada momentum hari kemerdekaan, terutama pendidikan karakter. “Karakter yang berhubungan dengan bela negara dan cinta tanah air adalah yang paling penting. Selain itu, harus menjunjung tinggi moralitas dan memiliki spiritual yang tinggi,” tambahnya.

Melalui momentum tersebut, Sekdisdik pun mengimbau seluruh penyelenggara pendidikan di Jabar agar mampu meningkatkan kinerja. “Sebagai penyelenggara pendidikan, kita harus amanah dan tangguh guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” imbaunya.

Menurutnya, peringatan HUT RI adalah momen yang luar biasa bagi bangsa Indonesia. “Karena, kemerdekaan yang kita dapat hari ini adalah perjuangan para pahlawan yang telah meneteskan darah. Itu harus selalu kita hormati,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Disdik Jabar, Yesa Sarwedi menyatakan, HUT RI harus dijadikan momentum untuk berprestasi, khususnya bagi siswa dan tenaga kependidikan. “Kita berharap, anak-anak bisa mengisi kemerdekaan dengan mewujudkan cita-cita agar berbakti pada nusa dan bangsa, sekaligus mengembangkan SDM,” pungkasnya./hdr.-

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed