by

Grup Angklung SLB Cicendo Tampil Memukau di Pembukaan LKSN-ABK dan FIKSI 2019

SUARAJABARSATU.COM | BANDUNG, DISDIK JABAR – Grup angklung Sekolah Luar Biasa (SLB) Cicendo tampil memukau dalam acara pembukaan Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak Berkebutuhan Khusus (LKSN-ABK) Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tingkat Nasional Tahun 2019.

Acara yang digelar di Ballroom Hotel Harris, Jln. Peta No. 241, Kota Bandung, Rabu (2/10/2019) ini, menampilkan 30 siswa tunarungu. Lagu “Jangan Menyerah” yang mereka bawakan mendapat apresiasi luar biasa dari seluruh penonton yang hadir.

Penampilan memukau tentu ini tidak diraih dengan mudah. Dengan keterbatasan pendengaran yang mereka alami, bukan perkara mudah memainkan alat musik dengan sempurna. Namun, Pembina SLB Cicendo, Dedeh Hayati dan Santi Komaladini tak berhenti memotivasi anak didiknya untuk terus belajar tanpa melihat keterbatasan.

“Memang bukan hal mudah melatih mereka, diperlukan kesabaran dan keuletan. Mereka sangat istimewa maka diperlukan cara istimewa juga dalam mengajarinya,” ungkap Dedeh dengan mata berkaca-kaca.

Latihan demi latihan pun rutin mereka lakukan setiap minggu. Dimulai dari mempelajari not angka, cara memegang hingga membunyikan angklung, semua dilatih secara perlahan-lahan.

Dalam memainkan angklung dibutuhkan kekompakan agar menghasilkan musik yang indah. Dedeh mengaku, anak didiknya berlatih dengan serius tapi riang sehingga ia pun enjoy mengajarinya. Mereka terlihat bahagia setiap mencoba not-not lagu baru.

“Sabar kuncinya. Mereka mempelajari not angka dengan baik dan mematuhi semua aturan,” ujarnya.

Siswa SLB Cicendo ini pun kerap diundang tampil, seperti dalam festival provinsi maupun nasional. Bahkan, mereka pernah mengikuti pertunjukan angklung yang digelar Rekor MURI Indonesia.

Dedeh berharap, anak-anaknya bisa terus berkembang dan memiliki keterampilan di non-akademis. Kesenian menjadi salah satu wadah bagi mereka agar bisa lebih kreatif.

“Sejauh ini, anak-anak selalu senang saat tampil. Mereka lebih tertarik pada seni. Saya berharap anak-anak bisa tampil di ajang internasional,” harapnya.

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed