by

Melihat Kreasi Wirausaha Siswa di FIKSI 2019

SUARAJABARSATU.COM | BANDUNG, DISDIK JABAR – Sebanyak 180 siswa dari seluruh provinsi di Indonesia mengikuti Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tingkat Nasional Tahun 2019. Ajang ini digelar di Click Square, Jln. Naripan No. 89, Kota Bandung, Kamis (3/10/2019). Ke-180 siswa tersebut terbagi dalam 90 rancangan bisnis, terdiri dari bidang kriya, desain grafis, fesyen, aplikasi dan permainan, boga serta budi daya dan usaha lainnya.

Lima dari 90 rancangan bisnis tersebut adalah kreasi usaha siswa Jawa Barat. Dua di antaranya merupakan rencana bisnis di bidang boga, yakni Abon Jantung Pisang dan Ikan Lele (BonPisle) karya siswa SMAN 2 Banjar, Aditya Erliningtyas Prameswari dan Nur Naeti serta Tabokki Kabayan, kudapan kreasi Restika Syafa Ambariza dan Amanda Adelia Putri dari SMAN 2 Cibinong.

Sedangkan tiga rancangan bisnis lainnya berasal dari bidang berbeda, yakni aplikasi, kriya, dan grafis. Di bidang aplikasi, ada Kensa Baeren Deftnamor dan Syifa Azzahra Hardian Putri dari SMAN 7 Bandung yang mengembangkan aplikasi Sondah Edukasi Anak Milineal (Sendal).

Kemudian, di bidang kriya ada Ekran Habibbilal dan Tanto Wijaya, siswa SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat yang menciptakan Tempat Pensil Pintar dari Limbah Kayu (SMART-PUK).

Di bidang grafis, ada Alyssa Sophia Pradhani dan Raya Prashanti Asmoro, siswa SMA Darul Hikam yang mengembangkan karya bertajuk HOTORUAYA Creative Illustration.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Dewi Sartika sangat mengapresiasi seluruh siswa yang mengikuti ajang ini. “Ini luar biasa bagus dan mereka sangat menginspirasi saya. Banyak sekali ide brilian yang mereka ciptakan. Ini jadi penguat bagi kita semua bahwa berwirausaha itu enggak sulit,” ungkapnya.

Terlebih, lanjut Kadisdik, ada beberapa inovasi kewirausahaan milik siswa yang memanfaatkan barang bekas atau sampah. Bagi Kadisdik, hal tersebut sangat inspiratif. “Dari barang bekas yang dioleh secara kreatif ternyata bisa jadi produk luar biasa. Saya sangat senang dengan kegiatan ini dan berharap seluruh pelajar, khususnya di Bandung bisa berkunjung ke sini,” imbaunya.

Ia pun berharap, tim FIKSI asal Jabar mampu mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada FIKSI 2018 yang digelar di Yogyakarta. “Semoga gelar juara umum bisa dipertahankan. Yang paling penting, acara ini dapat mengedukasi para siswa agar bisa memulai berwirausaha,” harapnya./hdr.-

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed